Abstrak
Mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat penting
bagi para siswa khususnya kendatipun mata pelajaran ini merupakan mata
pelajaran yang akan dihapus oleh Pemerintah dalam implemetasinya di kurikulum
2013.
Memahami dan
menguasai dasar-dasar Penggunaan Internet dan Intranet sangat penting bagi
siswa mengingat materi ini merupakan materi dasar untuk pengetahuan Internet
selanjutnya. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa tentang memahami
dasar-dasar penggunaan internet dan
Intranet dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam materi tersebut
berbentuk pemahaman pengetahuan dan uraian pada semester 1 sebanyak 58,62%
siswa masih berada dibawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Permasalahan
tersebut
sangat menarik perhatian penulis untuk mencoba memaparkan topik analisa
terhadap kemampuan siswa dalam memahami dasar-dasar Penggunaan internet
dengan simulasi Power point.
Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas IX C SMP Negeri 1
Angsana dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian yang dilakukan secara mandiri yang dilakukan pada semester 1 Tahun
Pelajaran 2014/2015.
Adapun tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan
kompetensi kemampuan
siswa dengan menggunakan Simulasi Power point untuk materi memahami
dasar-dasar Penggunaan Internet dan Intranet dengan mengembangkan strategi
pembelajaran dan model pembelajaran yang efektif, efisien dan menyenangkan. Teknik
yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi/
pengamatan dan pemberian test performance siswa dengan bentuk test tulis.
Dari penelitian yang telah
dilaksanakan, hasil pengamatan mengindikasikan bahwa 25 dari 29 siswa (86,21%)
terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Nilai siswa hasil dari evaluasi test
tulis hanya 4 orang siswa (13,79%) saja yang masih belum mencapai KKM (kriteria
ketuntasan minimal). Nilai post test siswa berupa evaluasi individu melalui
Lembar Kerja Siswa menunjukan Sebanyak 4 siswa (13,79%) mendapat nilai A-
dengan predikat ‘Sangat Memuaskan’, 5 siswa (17.24%) mendapat nilai B+ “Memuaskan’,
10 siswa (34,48%) mendapat nilai B- ”Baik” sedang 6 siswa (20,68%) medapat
nilai Nilai C dengan predikat”Cukup”. Tercapai KKM.
Akhirnya penulis menyimpulkan berdasarkan penjelasan
pada pembahasan diatas bahwa tujuan penelitian yang telah dilaksanakan
mengalami keberhasilan. Dengan kata lain, impelmentasi tindakan pembelajaran
penggunaan silmulasi Power point dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami
dasar-dasar penggunaan Internet dan Intranet sehingga dapat meningkatkan kemampuan
kompternsi siswa serta aktifitas siswa aktif dalam proses pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar